Program Studi S1 FARMASI STIKes Rajekwesi Bojonegoro Bersama Dengan PPDI Berpartisipasi Dalam Memperingati Hari Disabilitas Internasional

 

Pada hari Minggu, tanggal 3 Desember 2023 Program Studi S1 Farmasi STIKes Rajekwesi Bojonegoro berpartisipasi untuk memperingati hari Disabilitas Internasional yang diadakan oleh PPDI di Desa Tapelan Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan ini meliputi Edukasi dan Pelatihan Pembuatan Jamu TAMARA dari program studi S1 Farmasi berupa minuman kesehatan. Minuman TAMARA berisi kunyit, asam, dan gula. Kunyit adalah anggota keluarga Zingiberaceae, sedangkan Asam Jawa berasal   dari Fabaceae (polong-polongan). Kunyit mengandung minyak atsiri, senyawa kurkumin dan turunanya metoksi kurkumin dan bisdesmetoksi kurkumin, sehingga    berwarna    kuning. Asam Jawa mengandung kalori, protein, lemak, hidrat arang. Kalsium, Vitamin A, Vitamin B1.




Manfaat kunir asem dapat mengatasi haid yang tidak lancar karena mengandung senyawa kurkumin. Kurkumin dapat mengurangi aliran  masuk  ion  kalsium pada  sel-sel  epitel uterus dan  mengurangi  produksi prostaglandin. Jamu kunir   asem oleh   masyarakat digunakan untuk memperlancar pencernaan sehingga buang air besar menjadi lancar. Kunyit dapat menghilangkan jerawat pada wajah sehingga jadi bersih. Kunyit mengatasi  asam  lambung  dan  magh. Kunir asem sebagai antibiotik, hal ini menunjukkan bahwa kurkumin memiliki aktivitas anti mikrobia dimana dapat membebaskan sitokin pro-inflamatori   untuk   melawan   sel   bakteri.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama