Praktik Kerja Lapangan Mahasiswa Prodi D3 Teknologi Bank Darah Stikes Rajekwesi Bojonegoro di UDD PMI Bojonegoro.

PMI Bojonegoro

Salah satu wujud pelaksanaan Pendidikan vokasi adalah aplikasi hasil pembelajaran praktikum di kampus ke lahan praktek yang memenuhi kualifikasi. Program Studi Teknologi Bank Darah STIKes Rajekwesi Bojonegoro telah melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di UDD PMI Bojonegoro pada mahasiswa angkatan 2020 selama 30 hari, yaitu sejak 21 juni 2022 hingga 22 juli 2022. PKL difokuskan pada pencapaian kompetensi pengamanan darah yang meliputi Infeksi Menular Lewat Transfusi Darah, Uji Silang Serasi Darah donor dan pasien, pengolahan komponen darah, dan pemantauan mutu produk darah.

Dalam pelaksanaanya, mahasiswa Teknologi Bank Darah telah dibekali kompetensi yang berhubungan dengan pengamanan darah dan memiliki pembimbing yang kompeten dibidangnya. Pembimbing Utama yakni Bapak Asep Saefuddin, A.P.TTD, A.Md.Kes., S.H, selaku Teknisi Pelayanan Darah yang tersertifikasi serta dr Imam Sutrisno, selaku Ketua UDD PMI Bojonegoro. Adapun pembimbing Institusi yang mewakili kompetensi secara teoritis antara lain Nina Difla Muflikhah, S.Si., M.Sc., Fatia Rizki Nuraini, S.Si., M.Si., dan Siti Nurkasanah, S.Si.,M.Biomed.

Selama kegiatan PKL, mahasiswa dilatih sebagai tenaga profesional siap kerja dan secara langsung di awasi oleh setiap kepala bagian di laboratorium IMLTD, Serologi, dan Komponen. Pelaksanaannya telah disesuaikan dengan jadwal operasional yang terbagi menjadi 3 shift, yakni shift pagi, shift siang, dan shift malam yang telah menyesuaikan dengan jadwal pelayanan PMI Bojonegoro 24 jam sehari. Selama kegiatan, mahasiswa mampu mengatasi beberapa permasalahan yang dihadapi dalam hal pelayanan maupun teknis laboratorium sehingga mahasiswa secara aktif berkolaborasi dan menerapkan ilmu yang diperoleh dari pembelajaran di kampus dan praktik dilapangan.

Kegiatan PKL Pengamanan Darah Teknologi Bank Darah ditutup dengan acara penutupan dan penyerahan sertifikat kelulusan PKL oleh UDD PMI Bojonegoro kepada mahasiswa. dr Imam Sutrisno selaku Kepala UDD PMI bojonegoro dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih telah dipercaya oleh Prodi D3 Teknologi Bank Darah Stikes Rajekwesi Bojonegoro menjadi lahan untuk praktik mahasiswa. Beliau berharap supaya kedepannya akan tetap terjaga sinergitas antara UDD PMI Bojonegoro dengan Prodi D3 Teknologi Bank Darah. Hal serupa juga disampaikan oleh pembimbing lapangan (CI), bapak Asep Saefuddin, A.P.TTD, A.Md.Kes., S.H. Beliau berpesan kepada para mahasiswa untuk terus belajar dan semangat dalam meningkatkan pengetahuan di bidang pelayanan darah, sehingga kelak dapat menjadi seorang teknisi pelayanan darah yang professional. Beliau juga meminta maaf bila selama para mahasiswa praktek kerja lapangan terdapat hal yang kurang berkenan. Sebagai perwakilan Program Studi D3 Teknologi Bank Darah, Ibu Siti Nurkasanah menyampaikan rasa terimakasih yang banyak atas kesempatan belajar dan mengasah ketrampilan yang dapat langsung diterapkan oleh mahasiswa, serta memohon maaf sebesarbesarnya atas nama mahasiswa dan tim pembimbing institusi atas kekurangan dan kesalahan yang terjadi selama proses tersebut. Beliau juga berharap agar Kerjasama yang telah berlangsung agar tetap dipertahan dan ditingkatkan dikemudian hari dengan harapan untuk meningkatkan kompetensi Teknisi Pelayanan Darah dan Program Studi D3 Teknologi Bank Darah. Diakhir acara ditutup dengan pemberiaan cinderamata dan penyerahan nilai beserta sertifikat oleh UDD PMI Bojonegoro kepada mahasiswa PKL Prodi D3 Teknologi Bank Darah, Stikes Rajekwesi Bojonegoro.

Penyerahan Nilai PKL 


Mahasiswa PKL TBD 


Penulis: Fatia Rizki Nuraini, M.Si. dan Siti Nurkasanah, S.Si., M.Biomed

Editor: Nina Difla Muflikhah, S.Si., M.Sc.

Lebih baru Lebih lama