Mahasiswa Prodi D3 Teknologi Bank Darah Sukses Melaksanakan Workshop Pertamanya


Peserta antusias berdiskusi tentang Teknik pemeriksaan golongan darah


Rabu, 3 Agustus 2022, Prodi D3 Teknologi bank darah, Stikes Rajekwesi Bojonegoro mengadakan workshop Pemeriksaan Golongan darah dan Hemoglobin. Kegiatan Workshop diikuti oleh siswa SMA/sederajat sebanyak 42 peserta dari 14 sekolah di Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan ini bertujuan untuk mengaplikasikan ilmu yang didapatkan oleh mahasiswa dari mata kuliah seleksi donor, rekrutmen donor, hematologi dan serologi golongan darah.

Kegiatan workshop terdiri dari penyampaian materi dan praktek secara langsung. Sebagai pembuka, materi disampaikan oleh Agus ari Affandi, M.Psi., Psikolog tentang potensi diri. Para peserta diajarkan untuk menggali potensi apa yang dimiliki oleh masing-masing. Selanjutnya, para peserta juga mendapatkan materi tentang golongan darah dan hemoglobin dari Siti Nurkasanah, S.Si., M.Biomed dan materi terkait teknis pemeriksaan golongan darah dan hemoglobin dari Nina Difla Muflikhah, S.Si., M.Sc.

Sesi penyampaian materi


Selain belajar secara teoritis, para peserta juga diajak untuk praktik langsung cara pemeriksaan golongan darah dan hemoglobin di laboratorium Teknologi Bank Darah. Praktik tersebut dipandu oleh Fatia Rizki Nuraini, S.Si., M.Si. dan mahasiswa Prodi D3 Teknologi Bank Darah. Selama praktik di Laboratorium, para peserta difasilitasi untuk melakukan pemeriksaan golongan darah dan Hemoglobin secara mandiri sehingga para peserta bisa mengetahui jenis golongan darah dan kadar Hemoglobin masing-masing.

Dengan kegiatan workshop ini, para peserta menyampaikan bahwa mereka sangat antusias karena selain dapat mengetahui potensi diri, mereka juga dapat mengetahui cara pemeriksaan golongan darah dan Hemoglobin. Erica, salah satu peserta dari SMAN 2 Bojonegoro menyampaikan bahwa kegiatan workshop ini sangat bermanfaat dan berharap supaya kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya.


Para peserta aktif bertanya dalam sesi diskusi


Peserta melakukan praktik pemeriksaan golongan darah dan hemoglobin




Penulis: Agus Ari Affandi, M.Psi.Psikolog dan Fatia Rizki Nuraini, M.Si.

Editor : Nina Difla Muflikhah, S.Si., M.Sc.






Lebih baru Lebih lama