OPTIMALISASI PERTUMBUHAN BAYI USIA 6 -12 BULAN MELALUI BABY MASSAGE SEBAGAI IMPLEMENTASI ASUHAN KEBIDANAN HOLISTIK

 By Nur Azizah.Bd.M.Keb

Program studi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan Kembali menebar manfaat untuk masyarakat sekitar, salah satunya kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan di desa Sumbertlaseh sebagai upaya optimalisasi pertumbuhan bayi usia 6-12 Bulan melalui Baby massage sebagai implementasi asuhan kebidanan holistik.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan tiap semester sebagai wujud pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh setiap dosen

Golden age atau periode emas adalah tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang paling penting  pada masa awal kehidupan anak. Golden age meliputi 1000 hari pertama kehidupan anak yang perlu dipantau dan dimaksimalkan, Pijat merupakan stimulasi taktil yang memberikan efek biokimia dan efek fisiologi pada berbagai organ tubuh. Pijat yang dilakukan secara benar dan teratur pada bayi diduga memiliki berbagai keuntungan dalam proses tumbuh kembang bayi.

Kegiatan ini melibatkan dosen dan mahasiswa Prodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan Bersama dengan ibu balita di posyandu desa sumbertlaseh. Semoga kegiatan ini meberikan manfaat bagi masyarakat dan turut serta dalam peningkatan derajat Kesehatan masyarakat.








Post a Comment

Lebih baru Lebih lama