KULIAH PAKAR PRODI PENDIDIKAN PROFESI BIDAN "STIMULASI DAN OPTIMALISASI TUMBUH KEMBANG BALITA DENGAN PENERAPAN MASSASE DALAM PENCEGAHAN STUNTING"

 



Senin, 14 Agustus 2023

Prodi Pendidikan Profesi Bidan telah melaksanakan Kuliah Pakar yang bertemakan "STIMULASI DAN OPTIMALISASI TUMBUH KEMBANG BALITA DENGAN PENERAPAN MASSASE DALAM PENCEGAHAN STUNTING". Kuliah pakar kali ini dari ibu SURATMI, MN beliau merupakan Dosen Poltekkes Kemenkes Semarang dan FOUNDER: INDONESIAN HOLISTIC CARE ASSOCIATION (IHCA) ELTHY MOM AND BABY CARE SEKOLAH CERIA MANDIRI (AUTIS, HIPERAKTIF, ADHD, DS, SLOW LEANER) serta PRAKTISI & TRAINER: HOLISTIC MOM AND BABY CARE (MOM AND BABY MASSAGE & SPA) PEDIATRIC MASSAGE THERAPY SMART BRAIN EXERCISE FOR AUTIS, HIPERAKTIF, ADHD, DS, SLOW LEANER. yang barang tentu sangat ahli dibidangnya. 



Stunting adalah masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak. Stunting juga menjadi salah satu penyebab tinggi badan anak terhambat, sehingga terlihat lebih rendah dibanding anak - anak seusinya. Ungkap Ibu Suratmi, MN mengatkan Prevalinsi Stunting (WHO) Dunia: 22% (2020) Asia Tenggara (Indonesia): SSGBI 2020 (26,92%); 2021 (24,4%); 2022 (21,6%); terjadi penurunan 2,52% & scr berurutan, 2,8% masih dibutuhkan upaya penurunan 3,8% tiap tahunya untuk mencapai target pemerintah 14% (2024). Ada beberapa ISU STUNTING diindonesia diantaranya yaitu:


Dengan adanya isu stunting yang berkembang, sehingga pemerintah dan tenaga kesehatan mencari pencegahan atau penanggulangan dengan memanfaatkan 1000 hari pertama kehidupan anak, dimulai dari ibu hamil sampai anak tersebut lahir. Ibu Suratmi, MN mengintegrasikan HOLISTIC INTEGRASI yang dimana memadukan antara HOLISTIK secara keseluruhan dengan MASSASE BAYI, yang tentunya dilakukan evidenbased terlebih dahulu dan penelitian - penelitian yang beliau lakukan, sehingga MASSASE BAYI ini dianggap mampu membantu menstimulus pertumbuhan dan perkembangan anak lebih baik lagi dengan sentuhan. 

Menarik sekali ya teman - teman bidan? 
Adanya materi kuliah pakar kali ini Prodi Pendidikan Profesi Bidan sangat tertarik untuk mengaplikasikan massase bayi ini ke masyarakat yang tentunya perlu adanya pelatihan dan praktik terus menerus yang nantinya bisa dilakukan atau dilatih di kampus STIKes RAJEKWESI BOJONEGORO. sekian dari kami PRODI PENDIDIKAN PROFESI BIDAN. Terimakasih kami ucapkan kepada ibu SURATMI, MN yang sudah berkenan menjadi narasumber kuliah pakar kali ini, semoga kedepannya kita bisa menjadi tenaga kesehatan yang bermanfaat untuk masyarakat luas khususnya kejadian stunting yang bisa kita atasi atau kita turunkan angka kejadiannya. 
SALAM SEHAT DAN SALAM KOMPAK BIDAN INDONESIA.


PENULIS:
Lusi Afriyani, S.S.T.,M.Tr.Keb. 

Lebih baru Lebih lama