ALIH INFORMASI D-3 TEKNOLOGI BANK DARAH MENJADI SARANA SHARING EXPERIENCE KEGIATAN ILMIAH MAHASISWA


 

Sebagai mahasiswa, peran dan keistimewaannya tidak lagi hanya bergantung pada kegiatan pembelajaran dan keorganisasian yang diikuti dilingkup internal ataupun eksternal, tetapI juga keaktifannya di bidang Penelitian maupun Pengabdian Masyarakat, secara mandiri maupun bersinergi dengan dosen. Dalam rangka menjembatani mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan dan menumbuhkan ide-ide ilmiah di masa mendatang, D-3 Teknologi Bank Darah menyelenggarakan kegiatan ALIH INFORMASI pada hari Senin, 14 Agustus 2023 di Ruang D STIKES Rajekwesi Bojonegoro. Alih informasi merupakan suatu kegiatan Penyampaian Hasil Pengalaman Kegiatan Ilmiah Mahasiswa, berupa Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Praktek Kerja Lapangan. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa dan dosen Program Studi D-3 Teknologi Bank Darah.

Kegiatan dilaksanakan terbagi menjadi 2 sesi, dimana pada sesi yang pertama dilakukan penyampaian pengalaman kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan Hasil Analisa Kasus selama kegiatan PKL tersebut oleh mahasiswa Angkatan 2021. Adapun beberapa kasus yang di Analisa pada sesi tersebut antara lain Penanganan dan Analisis Hasil Skrining Infeksi Menular Lewat Transfusi Darah (IMLTD) menggunakan metode CHLIA, Prosedur dan Hasil pemantapan mutu dan product release pada beberapa komponen darah, serta Tahapan dan Analisa hasil Uji Silang Serasi antara darah donor dan pasien. Pada kesempatan ini, mahasiswa menyampaikan banyak hal yang telah dipelajari secara langsung pada saat pelaksanaan PKL dan penyusunan laporan kasus.

Pada sesi kedua, penyampaian dilakukan oleh mahasiswa Angkatan 2020 dan mempresentasikan hasil akhir penelitian KTI (Karya Tulis Ilmiah) yang telah diuji dan disetujui oleh seluruh dewan penguji. Penelitian yang disampaikan pada kegiatan ini antara lain perbedaan kadar hemoglobin komponen darah whole blood berdasarkan masa simpan, perbedaan masa simpan terhadap kadar hematokrit pada packed red cell (PRC), perbedaan masa simpan komponen PRC terhadap kadar hemoglobin, dan perbedaan waktu penyimpanan produk darah PRC terhadap kontaminasi bakteri menggunakan metode spread plate dengan media agar darah. Mahasiswa memberikan beberapa saran untuk dapat melanjutkan penelitian yang telah dilakukan tersebut dan berharap pada penelitian mahasiswa selanjutnya untuk tetap mengangkat isu penelitian terkini dan sesuai dengan arah keunggulan program studi.

Topik penelitian dan kasus yang disampaikan oleh mahasiswa telah sesuai dengan keunggulan Program Studi yaitu Pengelolaan Keamanan Produk Darah. Di akhir sesi, Kepala Program Studi menghimbau agar mahasiswa selalu termotivasi dan aktif untuk segala jenis kegiatan akademik ataupun non-akademik yang bertujuan untuk mengasah soft skill serta kompetensi mahasiswa dibidang pelayanan darah. Mahasiswa berharap agar mendapat akses kegiatan ilmiah yang serupa dimana para dosen menyajikan pengalaman penelitiannya untuk menginspirasi mahasiswa dalam penemuan ide-ide penelitian dimasa depan.



Penulis:

Nina Difla Muflikhah, S.Si.,M.Sc

Lebih baru Lebih lama