KULIAH PAKAR: D-3 TEKNOLOGI BANK DARAH SIAP BERKONTRIBUSI BERSAMA PAKAR BANK DARAH RUMAH SAKIT (BDRS)

 


Kuliah Pakar merupakan salah satu kegiatan akademik dengan tujuan untuk menyajikan insformasi yangcredible dari narasumber yang memang ahli pada topik tersebut, D-3 Teknologi Bank Darah melaksanakan kegiatan Kuliah Pakar pada Rabu tanggal 9 Agustus 2023 dengan menghadirkan dr. Notrisia Rachmayanti, Sp.PK yang merupakan Penanggungjawab Laboratorium Medik di RSUD Sumberejo. Topik kuliah pakar adalah sistem palayanan Bank Darah Rumah Sakit (BDRS) dengan harapan mahasiswa mengetahui ruang lingkup dan peran Teknisis Pelayan Darah DI BDRS Rumah Sakit.

Narasumber menyampaikan bahwa BDRS meupakan unit yang diwajibkan ada di seluruh Rumah Sakit Indonesia utuk menunjang kemandirian dalam pelayanan transfuse darah. Tenaga Kesehatan yang bertanggungjawab melakukan kegiatan teknis pelayanan darah merupakan lulusan dari D-3 Teknologi Bank Darah, dan menyampaikan kebutuhan akan lulusan program studi ini telah dinanti oleh banyak Rumah Sakit di Indonesia. Selain menjelaskan mengenai pelayanan darah di BDRS, narasumber juga menyampaikan beberapa kasus yang pernah ditemui dalam proses transfuse serta tahapan penelusuran reaksi transfuse. Beliau menegaskan bahwa audit mutu internal dan ekternal wajib untuk dilakukan secara konsisten oleh BDRS untuk menjamin bahwa komponen darah yang di transfusikan kepada pasien aman dan mampu menjadi solusi atas permasalahan Kesehatan bagi pasien tersebut. Dr Notrisia Rachmayanti, Sp., PK menyampaikan dan mengingatkan kepada mahasiswa dan seluruh peserta kuliah pakar, bahwa penting untuk selalu menjunjung tinggi etika sebagai tenaga Kesehatan dan melakukan seluruh rangkaian pelayanan kesehaatan sesuai prosedur yang telah di tetapkan. Dalam kegiatan tersebut, beberapa peserta menanyakan mengenai teknis dalam pelayanan di BDRS seperti teknis dalam mengatasi perubahan suhu Blood Bank; penanganan kantong darah yang tidak jadi ditansfusikan tetapi telah berada di ruang pasien; Tindakan apabila ditemui hasil uji silang serasi incompatible 2 kali; prosedur penyimpanan Thrombocyte concentrate di BDRS; penanganan dan penangjwabah terkait penulusuran reaksi transfuse, serta beberpa pertanyaan lainnya.

Kegiatan Kuliah Pakar D-3 Teknologi Bank Darah di akhiri dengan pemaparan oleh Ka.Prodi bahwa kegiatan kuliah pakar merupakan rangkaian proses pembelajaran di dalam semester yang bertujuan untuk menambah pengetahuan, wawasan, kompetensi mahasiswa serta memberikan informasi kepada mahasiswa tentang kondisi nyata di area kerja. Selain itu, kuliah pakar merupakan pelengkap setiap Matakuliah di semester berjalan, dan dalam hal ini antara lain pada Hematologi, Komponen Darah, Serologi Golongan Darah, Manajemen Mutu Pelayanan Darah, Manajemen Mutu Laboratorium, dan Clinical Used of Blood and Hemovigilance.

 




PENULIS.

Nina Difla Muflikhah, S.Si.,M.Sc



Lebih baru Lebih lama