TEKNOLOGI BANK DARAH EXPERT’S WEEK: BERSAMA PARA AHLI, MAHASISWA SIAP MAKSIMALKAN KOMPETENSI

Dokumentasi Kegiatan 

Teknologi Bank darah merupakan program studi yang fokus mendalami bidang pelayanan darah, bermula dari proses perekrutan calon pendonor, pemenuhan darah donor, pelaksanaan transfusi darah ke pasien hingga analisis kondisi pasca transfusi. Kegiatan pendidikan di program studi ini juga melibatkan agenda kuliah pakar dimana menyajikan langsung pakar dibidangnya maing-masing untuk berbagi pengalanan di lapangan kepada mahasiswa. Teknologi Bank Darah STIKES Rajekwesi Bojonegoro sukses mengadakan kegiatan rangkaian kuliah pakar di Semester Ganjil Tahun Akademik 2022-2023 pada tanggal 7-9 Februari 2023 dengan 3 tema sekaligus yg bertujuan untuk menambah pengetahuan mahasiswa semester 1, 3, dan 5 akan ruang lingkup dan kompetensi calon teknisi pelayanan darah masa depan.

Adapun kuliah pakar yang terlaksana dalam temu pakar terbagi menjadi 3 kegiatan. Pada tanggal 7 Februari 2023, pelaksanaan kuliah pakar di adakan secara daring melalui media zoom meeting dengan tema “Transfusi dan Manajemen Risiko Demam Berdarah Dengue” disajikan oleh Ibu Dila Hening Windyaraini, S.Si., M.Sc , yang merupakan pakar biologi vektor demam berdarah dengue di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Kegiatan dimulai pada pukul 13.00 WIB dengan sambutan oleh Bapak Ahmad Maftukhin, M.Kes, selaku Wakil Ketua 2 STIKES Rajekwesi Bojonegoro. Kegiatan kuliah pakar selanjutnya di pimpin oleh moderator Ibu Nina Difla Muflikhah, S.Si., M.Sc dan dihadiri oleh seluruh mahasiswa dan staf dosen Teknologi Bank Darah serta rekan tenaga kesehatan dari UDD PMI dan Bank Darah Rumah Sakit.




Kegiatan kuliah pakar dilanjutkan pada tanggal 8 Februari 2023 dengan Narasumber dr. Anna Kartika Yuli Astuti, M.Biomed dari UDD PMI Kota Semarang yang menyampaikan “Pelayanan UDD PMI dalam Pemenuhan Permintaan Transfusi Darah”. Kegiatan ini di moderator langsung oleh Ibu Siti Nurkasanah, M.Biomed dan terlaksana pada pukul 09.00-11.00 WIB. Dalam kegiatan tersebut, beberapa peserta menanyakan mengenai Teknik donor apheresis dan pooling, tatalaksana hasil uji silang serasi incompatible mayor, strategi pemenuhan stok darah, dan beberapa pertanyaan penting lainnya terkait pemenuhan berbagai jenis komponen darah.

Kegiatan kuliah pakar dilengkapi dengan kegiatan pada tanggal 9 Februari 2023 yang disampaikan oleh Ibu Ulfatun Nafi’ah, S.Pd., M.Pd mengenai “Teknik Dasar Penulisan Karya Ilmiah untuk Mahasiswa”. Narasumber merupakan akademisi di Universitas Negeri Malang dan memiliki berbagai karya ilmiah bereputasi internasional dan nasional. Kegiatan ini dimoderatori langsung oleh Ibu Fatia Rizki Nuraini, S.Si., M.Si dan berlangsung mulai pukul 09.00 WIB sampai 11.30 WIB. Materi yang disampaikan sangat bermanfaat dan memotivasi mahasiswa untuk lebih pro-aktif menghasilkan karya ilmiah dibidang Teknologi Bank Darah. Selain itu, narasumber juga menyampaikan beberapa tips tentang penulisan karya mahasiswa yang bisa diajukan pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Peserta sangat antusias menanyakan berbagai hal tentang tips, tata cara dan tahapan menulis agar mampu menciptakan karya yang inovatif, relevan, dan terbaharukan.  Diakhir diskusi, moderator menyimpulkan berdasarkan pemaparan narasumber bahwa “Menulis Itu Mudah, yang penting memiliki keinginan, percaya diri dan banyak Latihan”.



Rangkaian kegiatan Kuliah Pakar DIII Teknologi Bank Darah di akhiri dengan pemaparan oleh Ka.Prodi bahwa kegiatan kuliah pakar merupakan rangkaian proses pembelajaran di dalam semester yang bertujuan untuk menambah pengetahuan, wawasan, kompetensi mahasiswa serta memberikan informasi kepada mahasiswa tentang kondisi nyata di area kerja. Selain itu, kuliah pakar merupakan pelengkap setiap Matakuliah di semester berjalan, dan dalam hal ini antara lain pada Matakuliah IMLTD 2, IMLTD 4, Hematologi, Serologi Golongan Darah, Etika Profesi, Promosi Kesehatan dan KIE, Bahasa Indonesia dan Metode Penelitian.

 








PENULIS.

Nina Difla Muflikhah, S.Si.,M.Sc

Lebih baru Lebih lama