PENGABDIAN MASYARAKAT : PRODI S1 FARMASI STIKES RAJEKWESI BOJONEGORO SELENGGARAKAN PELATIHAN PEMBUATAN SABUN CUCI HERBAL UNTUK DISABILITAS

 

Kegiatan ini dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa Prodi S1 Farmasi STIKES Rajekwesi Bojonegoro sebagai bentuk wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Masyarakat. Pengabdian Masyarakat sendiri merupakan kegiatan yang bertujuan membantu masyarakat dalam rangka mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan umum tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun.


Pengabdian masyarakat ini diselenggarakan untuk ditujukan kepada penyandang disabilitas di Bojonegoro, yang mana kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 25 November 2022, di kediaman bapak Handoyo di Desa Ledok Kulon, Bojonegoro. Mengambil tema Pembuatan Sabun Cuci Herbal yang dimaksudkan untuk membantu memenuhi kebutuhan akan sabun cuci yang lebih ekonomis dan mudah dibuat oleh semua kalangan dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Mengingat harga sabun cuci yang tidak tergolong murah dan kebutuhan yang tidak sedikit, dan merupakan kebutuhan bulanan. Tema herbal sendiri diambil dengan tidak mengesampingkan program S1 Farmasi yang berbasis bahan alam yang digunakan dalam pemanfaatan dan pengembangan farmapreneur.


Tidak sedikit masyarakat yang menyambut dengan senang progam pengabdian masyarakat yang ini. Terpantau masyarakat sangat antusias terhadap pelatihan pembuatan sabun cuci tersebut dengan terjun langsung dalam meracik dan mengabadikan langkah-langkah pembuatan sabun cuci tersebut.


Untuk mensukseskan program ini tidak lupa, Prodi Farmasi menerjukan mahasiswa untuk ikut terlibat dalam pengabdian masyarakat ini guna melatih mahasiswa berbaur dengan masyarakat sekitar dan menumbuhkan rasa saling gotong royong terhadap sesama.

Penulis : Norma Winata, S.Si., M.Sc



Lebih baru Lebih lama