DOSEN STIKES RAJEKWESI BOJONEGORO BERSAMA MAHASISWA BARU TERJUN LANGSUNG KE LOKASI PENGABDIAN MASYARAKAT DI DESA SUMODIKARAN


        

BALAI DESA SUMODIKARAN


        Program pengabdian masyarakat kali ini dilakukan oleh dosen stikes Rajekwesi Bojonegoro bersama dengan mahasiswa baru yang meliputi prodi S1 Farmasi, S1 Keperawatan dan profesi ners, Pendidikan profesi bidan, D3 Keperawatan dan D3 Teknologi Bank Darah di Desa Sumodikaran dengan mengusung tema ‘Stikes Rajekwei Bojonegoro Menuju Masyarakat Sehat dan Produktif’. Hal ini dilakukan sebagai wujud komitmen Stikes Rajekwesi Bojonegoro dan salah satu fungsi Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat.

            Lokasi yang digunakan dalam pengabdian masyarakat kali ini yaitu Desa Sumodikaran yang letaknya tidak jauh dengan kampus Stikes Rajekwesi Bojonegoro, dimana tersebar ke beberapa RT yang di dampingi oleh Kepala Desa, Bidan Desa dan Kader. Pelaksaan pengabdian masyarakat ini disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada di Desa Tersebut, sehingga diharapkan dapat tepat sasaran.

            Selain bertujuan untuk membantu mengatasi masalah kesehatan di Desa tersebut harapan dari Stikes Rajekwesi Bojonegoro dalam kegaiatan ini yaitu pemulihan di bidang kesehatan akibat dampak dari pandemi Covid-19, dimana banyak kegiatan yang berfokus pada pemberian pendidikan kesehatan dengan sasaran bayi dan balita, remaja, lansia yang meliputi ksehatan reproduksi, stunting, pengobatan tradisional, perawatan lansia. Pemanfaatan tekonologi menjadi hal yang penting dalam banyaknya program kegiatan pengabdian yang melibatkan masyarakat di daerah yang menjadi tujuan dari peengabdian msyarakat.

            Agar program berjalan dengan baik dan dapat dirasakan oleh masyarakat, mahasiswa baru dilibatkan dalam kegiatan ini sebagai pengenalan dengan masyarakat dan sebagai bagian dari proses pembelajaran di masyarakat serta menambah pengalaman. Tentunya, tidak hanya sampai pada kegiatan ini saja, harapannya kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan dan berkelanjutan dengan program-program yang baru.


Penulis : Rina Utami, M.Tr.Keb.


Lebih baru Lebih lama