Tingkatkan Kualitas Akademik, Prodi Pendidikan Profesi Ners Adakan Workshop Pemutakhiran Kurikulum AIPNI 2021

 Pada hari Selasa Rabu, 8 9 Maret 2022, Program Studi Pendidikan Profesi Ners STIKES Rajekwesi Bojonegoro mengadakan Workshop Pemutakhiran Kurikulum Institusi berbasis kurikulum AIPNI 2021 yang diikuti oleh pimpinan institusi, dosen, pengguna lulusan, dan stakeholder meliputi puskesmas, rumah sakit, klinik, perusahaan migas, dinas kesehatan, organisasi PPNI, dan alumni melalui Zoom Meeting. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan Kurikulum Institusi Program Studi Pendidikan Profesi Ners STIKES Rajekwesi Bojonegoro dengan menyesuaikan kurikulum inti yang dikembangkan oleh AIPNI 2021 sekaligus sebagai momen pemutakhiran kurikulum dengan menampung aspirasi/ pendapat pengguna lulusan dan stakeholder yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar bidangnya masing – masing. Workshop Kurikulum AIPNI 2021 menghadirkan narasumber pakar yakni, Prof. Nursalam, M.Nurs.(Hons) di hari pertama dan Ns. Nuh Huda, M.Kep., Sp.Kep.MB di hari kedua. Semua narasumber memberikan masukan yang konstruktif bagi pengembangan kurikulum institusi Prodi Pendidikan profesi Ners STIKES Rajekwesi Bojonegoro.

daring pemutahiran kurikulum
daring pemutahiran kurikulum

Kegiatan dibuka oleh Ketua STIKES Rajekwesi Bojonegoro, Ibu Fidrotin Azizah, S.Kep., Ns., M.Kes. Dalam sambutannya Ketua STIKES Rajekwesi Bojonegoro menyampaikan akan terus berkomitmen dalam mendorong pengembangan kurikulum yang bisa menjadi dasar bagi peningkatan kualitas akademik dan kompetensi mahasiswa sesuai yang diharapkan pemerintah dan pengguna lulusan serta harapannya untuk dapat menyelaraskan diri dan siap menghadapi perubahan kurikulum terbaru.

Setelah selesai acara pembukaan dilanjutkan dengan pemaparan pemateri oleh narasumber. Setelah penyampaian materi oleh narasumber dilanjutkan oleh pemaparan visi, misi, dan kurikulum Prodi Pendidikan Profesi Ners STIKES Rajekwesi Bojonegoro oleh Eva Riantika Ratna P, S.Kep., Ns., M. Kep, selaku Kepala Program Studi Pendidikan Profesi Ners. Dalam paparannya, disampaikan bahwa kurikulum yang dikembangkan berorientasi pada pengembangan keterampilan dan jejaring kerja mahasiswa. Untuk itu diundang mitra dan banyak pihak supaya masukan yang diberikan semakin kompleks dan baik secara akademik, serta sangat terbuka untuk menerima saran dan masukan dari pihak terkait.

Acara ini mendapat perhatian luar biasa dari stakeholder. Perwakilan dari Rumah sakit, Puskesmas, Dinas Kesehatan, Industri, dan Alumni memberikan banyak masukan terkait issue-issue strategis di lingkungan pelayanan kesehatan, pelayanan publik, tren perkembangan teknologi digital, ketrampilan operasionalisasi komputer, tren perubahan pola komunikasi, manajemen konflik pada pelayanan kesehatan, pengembangan literasi berwawasan global dan ketangguhan emosi maupun spiritual dalam menghadapi era Society 5.0. Masukan – masukan tersebut menjadi semangat baru untuk memutakhirkan kurikulum institusi Program Pendidikan profesi Ners STIKES Rajekwesi Bojonegoro, sehingga harapannya lulusan prodi ini menjadi lulusan unggul, berdaya saing, dengan kualitas yang membanggakan sesuai kebutuhan pasar.

 




Penulis : Retno Puji, S.Kep., Ns., M.Kep

Editor : Rahmawati, M.Kes & Evita Muslima, M.Kep
Lebih baru Lebih lama