Berita Rajekwesi

MAKALAH KOMUNIKASI TERAPEUTIK “GANGGUAN PENDENGARAN”

21 Mei 2019 — KATA PENGANTAR Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME karena atas izin, kuasa dan perlindunganNya, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah dengan judul “ KOMUNIKASI TERAPEUTIK PADA GANGGUAN PENDENGARAN ”. Penulisan makalah ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas bidang studi Komunikasi Keperawatan yang diberikan kepada kami Agar kami dapat mengetahui serta memahami cara menyusun makalah dengan benar dan agar  dapat mengembangkan ilmu yang telah kami peroleh. Kami sebagai penulis menyadari bahwa dalam penyelesaian makalah ini masih belum sempurna. Oleh karena itu kami mohon saran dan kritik yang  membangun untuk perbaikan makalah ini . Pada kesempatan ini kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Dosen Komunikasi Keperawatan. Selaku guru yang memberikan tugas ini juga yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk membuat makalah ini dan semua bentuk bimbingan serta pengajarannya yang kami terima dalam menyelesaikan penulisan makalah ini.   bojonegoro, 12 februari 2019                       KATA PENGANTAR.................................................................................................................1 DAFTAR ISI.............................................................................................................................2 BAB I PENDAHULUAN.........................................................................................................3 A.      LATAR BELAKANG.............................................................................................................3 B.      RUMUSAN MASALAH.........................................................................................................3 C.      TUJUAN....................................................................................................................................3 BAB II PEMBAHASAN....................................................................................................................5 A.      DEFINISI KOMUNIKASI......................................................................................................5 B.       FASE-FASE DALAM KOMUNIKASI TERAPEUTIK.............................................................5 C.       FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT KOMUNIKASI.............................................................6 D.       GANGGUAN PENDENGARAN................................................................................................7      1. DEFINISI...............................................................................................................................7 BAB III PENUTUP.................................................................................................................................9 A.      KESIMPULAN..............................................................................................................................9 B.       SARAN.........................................................................................................................................9 DIALOG................................................................................................................................................10 DAFTAR PUSTAKA............................................................................................................................13          
Read More

KONSEP DASAR KOMUNIKASI TERAPEUTIK PADA ORANG DEWASA

21 Mei 2019 — KATA PENGANTAR   Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah dengan judul “KONSEP DASAR KOMUNIKASI TERAPEUTIK PADA ORANG DEWASA”. Makalah ini di susun guna memenuhi tugas SP komunikasi.      Melalui kesempatan ini kami sebagai penyusun makalah menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini, terutama kepada yang terhormat : Bapak dan ibu dosen Akademi Kesehatan Rajekwesi Bojonegoro yang telah memberi arahan untuk pengerjaan makalah ini. Teman – teman yang membantu dalam pengerjaan makalah ini.      Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan imbalan yang setimpal atas segala bantuan yang telah di berikan.                           DAFTAR ISI   BAB I                                                                         PENDAHULUAN                                        .................................................................4 Latar Belakang                                             .................................................................4 Tujuan                                                           .................................................................4 BAB II                                                TINJAUAN TEORI                                     ................................................................. A.    Pengertian Komunikasi Terapeutik    .................................................................6 B.     Tujuan Komunikasi Terapeutik         .................................................................7 C.     Prinsip Dasar Komunikasi Terapeutik     ..........................................................7     D.Teknik komunikasi terapeutik pada orang dewasa ..........................................8 E. Faktor Yang Mempengaruhi Komunikasi .........................................................9 F. Tahapan Komunikasi                              .................................................................9 G. Prinsip Komunikasi Terapeutik .................................................................10 H. Sikap Perawat Terhadap Komunikasi Terapeutik .............................................10 BAB III NASKAH ROLE PLAY                              .................................................................13 BAB IV PENUTUP                                         ............................................................................. SARAN                                        ................................................................17 KESIMPULAN                           ................................................................17 DAFTAR PUSTAKA                                 
Read More

MAKALAH KOMUNIKASI KEPERAWATAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PADA LANSIA

KATA PENGANTAR   Pujisyukur kami ucapkanataskehadirat Allah Swt yang manatelahmelimpahkanrahmatsertahidayahnya, sehingga kami dapatmenyelesaikaninidenganlancar,tanpahambatanapapundan kami jugamengucapkanterimakasihkepadapihak-pihak lain yang telahmembantu kami untukpembuatanmakalahini Makalahini kami susungunauntukmemenuhitugasmatakuliahKomunikasidengantema”AplikasiTerapeutikPadaLansia” . Kami berharapmakalahinidapat di gunakansebagaibahanbacaandanreferensiolehpembaca,meskipunmakalahinijauhdarisempurna.            Kami sadarbahwamakalahinijauhdarisempurna. Makadariitu kami sangatmengharapkritikdaripembaca, khusunyaBapakDosenPengampu,Sehingga kami dapatmemperbaikikaryailmiahini agar menjadilebihbaik.                                                                                                Bojonegoro,12Januari 2019   Penulis       DAFTAR ISI KATA PENGANTAR…………………………………………………..i DAFTAR ISI……………………………………………………………ii BAB I PENDAHULUAN……………………………………………..1 1 .LatarBelakang……………………………………………………….1 2. RumusanMasalah…………………………………………………….1 3. Tujuan…………………………………………………………………2 BAB II PEMBAHASAN…………………………………………….......3 KonsepKomunikasiTeraupetikKeperawatan……………………….3 TeknikKomunikasiUntukKlienBerusiaLanjut………………….....3 Contoh Drama AplikasiKomunikasiTeraupetikPadaLansia……....7 BAB III PENUTUP……………………………………………………..11 Kesimpulan………………………………………………….….........11 Saran………………………………………………………………....11 DAFTAR PUSTAKA………………………………………………..…...12 BAB I PENDAHULUAN LatarBelakang Komunikasimerupakan proses penyampaianinformasidalamsebuahinteraksitatapmuka yang berisi ide, perasaan, perhatian, makna, sertapikiran yang diberikankepadapenerimapesandenganharapansipenerimapesanmenggunakaninformasitersebutuntukmengubahsikapdanperilaku. Komunikasiteraupetikadalahapabilaberkomunikasidenganklien, perawatmendapatkangambaran yang jelastentangkondisiklien yang sedangdirawat, mengenaitandadangejala yang ditampilkansertakeluhan yang dirasakan. Sehinggagambarantersebutdapatdijadikanacuandalammasalahkeperawatandantindakankeperawatan yang akan di lakukanuntukmembantumempercepat proses kesembuhanklienberusialanjut. Seseorang di golongkanberusialanjutapabilaiaberusiaantara 60 hingga 70 tahun. Batasanpenggolonganbatasanusialanjutbervariasi, meskipundemikianperubahan yang terjadikarenapertambahanumuRdapatdiidentifikasikan, antara lain perubahanpadaaspekfisik, neurologis, dansensorik, perubahanfisualdanperubahanpadapendengaransehinggapotensitersebutdapatmenghambat proses penerimaandanpenafsiranmaksudkomunikasi. Agar komunikasidenganpasienusialanjutdapatberjalandenganbaik. Kita dapatmenerapkankomunikasiteraupetikdanteknikkomunikasiuntukpasienberusialanjut RumusanMasalah Bagaimanakonsepkomunikasiteraupetik? Bagaimanateknikkomunikasiuntukklienberusialanjut? Bagaimanapenerapankonsepkomunikasipadaklienberusialanjut?   Tujuan 1. Untukmemahamitentangkonsepkomunikasiteraupetik. 2. untukmengetahuiteknikkomunikasiterapetikterhadapklienusialanjut. 3. untukmemahamipenerapankonsepterapetikpadaklienusialanjut.   BAB II PEMBAHASAN KonsepKomunikasiTerapeutikKeperawatan.        Komunikasiterapeutikialahkomunikasi yang dilakukansecarasadarolehperawatdantenagakesehatanyang direncanakandanberfokusdalampemecahanmasalahpasien.Komuikasiterapeutiktidakterjadidengansendirinyatanpadirencanakan, dipertimbangkan, dandilaksanakansecaraprovesional.Tujuankomunikasitrapeutikadalahmengarahpada proses mengarahpadapenyembuhanpasien.[1]                                     Unsur-unsurkomunikasiterapeutik                         Menurut Potter dan Perry (2010), unsur yang terkandungmeliputi: Keramahan Penggunaannama Dapatdipercaya Otonomidantanggungjawab Asertif (Tegas)                    Fase-faseKomunikasiTerapetik TahapPersiapan (Prainteraksi) Tahapperkenalan TahapKerja Tahapterminasi TeknikKomunikasiuntukKlienBerusiaLanjut                         Dalamkomunikasidenganlansiabeberapahal yang harus di perhatikanadalahfaktorfisik, psikologi, danlingkungangunamenerapkanketerampilanberkomunikasidengantepat. Umumnyausialansiaberkisar di atasusia 60 tahun.[2]Namunadabanyakperbedaanpendapatdalammemberikanbatasanusialansia. Menurut WHO di sebutkanbahwaterdapatempattahapan, yaitu : UsiaPertengahan( middleage ), berkisarusia 45-59 tahun. LanjutUsia( Lderly ), yaituberkisarusia 60-70 tahun. LanjutUsiaTua( Old ), yaituberkisarusia 75-90 tahun. UsiaTua( feriold ) yaitu di atas 90 tahun. Perlu di perhatikanbeberapamasalahperubahanpadalansiasepetiperubahankognitif yang berpengaruhpadatingkatinteligensi, kemampuanbelajar, dayamemorisertameotivasiklien.  Adapunberupahanemosipadalansiaadalahberupareaksipenolakanterharapkondisi yang terjadi. Gejala-gejalapenolakan: Tidakmempercayai diagnosis, gejala, perkembangan, sekaligusketerangan yang di berikanpetugaskesehatan. Mengubahketerangan yang diberikan, sehinggaditerimaolehpetugaskesehatansecaratidakbenar. Melakukanpenolakanberkomunikasi. Melakukanpenolakanterhadappelayananperawatan. Tidakmematuhiberbagainasihatsepertiistirahatberbaringdan lain-lain. Pendekatanperawatanterhadaplansiadalamwilayahkomunikasi. Pendekatafisik Pendekatanfisik yang di maksudadalahmenggaliinformasimengenaikesehatanobjektif, kebutuhan, kejadian-kejadian yang di alamidanperubahanfisikpada organ tubuh, tinggaktkesehatan yang bias dimungkinkan bias di kembangkan, sertapenyakit yang bisa di cegah.[3] Pendekatanpsikologis Pendekatanpsikologisadalahlebihbersifatabstrakdanmengarahpadatingkahlaku, biasanyaakanmembutuhkanrentangwaktu yang lebih lama dalammengbahsikap. Pendekatansosial Pendekatansosialadalahpendekatan yang di lakukangunameningkatkanketermpilanberinteraksidenganlingkungan. Pendekatan spiritual Pendekatan spiritual adalahsuatupendekatandimanaseorangperawatharusbisamemberikankepuasanbatin yang berhubungandengankepercayaanmasing-masingklien. Tekhnik verbal Kecepatandantekanansuara yang tepat. Berikanpertanyaan yang tepatsertakurangipertanyaan yang mengakibatkanklienmenjawabiyaatautidak. Hindarimendominasipembicaraan Mengubahtopikpembicaraan Gunakan kata-kata yang sederhana Gunakankalimat yang pendek     Teknik Non Verbal Perilaku Dalamkonstekini, seorangperawatharusselalubersikapramah, sopan, danmenghormatipasien. Kontakmata Selamaberkomunikasiseorangperawatharusmenjagakontakmatadenganpasien. Ekpresiwajah Seorangperawatharusmemilikiekspresiwajah yang dapatmerefleksikanperannya Posturdantubuh Harusmemilikigerakantubuh yang tepatsesuaimetodekeperawatansehinggaklienmerasanyaman. Sentuhan Dalamkontekssentuhan, sebaiknyalakukankontakfisiksepertiberjabattangan.[4]   Faktor yang menghambat berkomunikasi : Kecakapan yang kurang dalam berkomunikasi. Sikap yang kurtang tepat. Kurang pengetahuan. Kurang memahami sistem sosial. Prasangka yang tidak beralasan. Komunkasi kurang lancar jika jarak komunikator dan komunikan berjauhan Tidak ada persamaan persepsi. Indera yang rusak. Berbicara yang berlebihan. Mendominir pembicaraan, dan lain sebagainya     PenerapanKonsepKomunikasiPadaKlienBerusiaLanjut     FasePraInteraksi Perawatakanmelakukankomunikasi danmelihatperkembangankondisipadaklienlansia yang bernama Pak Suripto yang pernah mengalami penyakit gondok. FaseOrientasi Perawat mendatangi Pak Suripto Perawat  : ”Assalamu’alaikum”. Pak Suripto        : “Wa’alaikumsalam”. Perawat  : “Selamatpagikakek”,  (sambiltersenyum) Pak Suripto        : “Pagijuga nak….!!”. Perawat  : “Gimanakabar kakek hariini,, sehat ??”. Pak Suripto        :  “Alhamdulillah kakek sehat... Inisiapaya…??”. Dari raut wajah yang sudah keriput itu kakektampakkebingungandankelihatanberfikirkeras. Perawat  : “Perkenalkan sebelumnya kek nama saya ayu dan ini teman teman saya kami dari Akes Rajekwesi Bojonegoro”. (Satupersatudari kami semuamulaimemperkenalkandiripadakakekSuripto). Kami mencobamulaipendekatanpadakakekSuripto. Perawat  : “Kami di sini ingin mewawancari kakek.. apakah kakek bersedia menyisihkan waktunya sebentar”.( dan teman yang

MAKALAH KOMUNIKASI KEPERAWATAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK TERHADAP ANAK

KATA PENGANTAR Puji syukur alhamdulillah kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena telah melimpahkan rahmat-Nya berupa kesempatan dan pengetahuan sehingga makalah ini bisa selesai pada waktunya.Terima kasih juga kami ucapkan kepada teman-teman yang telah berkontribusi dengan memberikan ide-idenya sehingga makalah ini bisa disusun dengan baik dan rapi. Kami berharap semoga makalah ini bisa menambah pengetahuan para pembaca. Namun terlepas dari itu, kami memahami bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna, sehingga kami sangat mengharapkan kritik serta saran yang bersifat membangun demi terciptanya makalah selanjutnya yang lebih baik lagi.                                                                             Bojonegoro, 14 Februari 2019        Penyusun DAFTAR ISI Halaman Judul................................................................................................ Kata Pengantar............................................................................................... ii Daftar Isi........................................................................................................ iii Bab I (Pendahuluan) Latar Belakang.................................................................................. 1 Rumusan Masalah............................................................................. 2 Tujuan................................................................................................ 2 Bab II (Pembahasan) Konsep Komunikasi Terapeutik......................................................... 3 Teknik Komunikasi Terapeutik pada Anak........................................ 6 Penerapan Konsep Komunikasi Terapeutik pada Anak..................... 9 Bab III (Penutup) Kesimpulan......................................................................................... 14 Saran............................................................................................... .. 15 Daftar Pustaka................................................................................................ BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Komunikasi merupakan proses yang sangat khusus dan berarti dalam hubungan antar manusia. Pada profesi keperawatan, komunikasi menjadi lebih bermakna karena merupakan metode utama dalam mengimplementasikan proses keperawatan. Komunikasi terapeutik adalah pengalaman interaktif amatara perawat dan pasien yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah yang dialami oleh pasien. Di samping itu juga untuk mengurangi keraguan serta membantu dilakukannya tindakan yang efektif, mempererat interaksi kedua pihak, yaitu antara perawat dan pasien secara profesional dan proporsional.Salah satu bentuk komunikasi terapeutik adalah komunikasi dengan anak. (Machfoedz, Mahmud. 2009. Komunikasi Keperawatan Komunikasi Terapeutik. Yogyakarta: Ganbika :104) Salah satu indikator perkembangan anak dapat dietahui dari kemampuannya berkomunikasi. tingkat perkembangan anak dalam beraktifitas dengan lingkungannya sangat dipengaruhi oleh kemampuannya berkomunkasi. Dalam berkomunikasi dengan anak ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain esensi komunikasi, untuk komunikasi prabicara, peran bicara dalam berkomunikasi, komunikasi yag sesuai dengan tingkat perkembangan, kominikasi terapeutik, dan teknik komunikasi pada anak. (Machfoedz, Mahmud. 2009. Komunikasi Keperawatan Komunikasi Terapeutik. Yogyakarta: Ganbika : 121)     Rumusan Masalah Bagaimana konsep komunikasi terapeutik? Bagaimana teknik komunikasi terapeutik pada anak? Bagaimana penerapan konsep komunikasi terapeutik pada anak? Tujuan Untuk mengetahui kosep komunikasi terautik. Untuk mengetahui teknik komunikasi terapeutik terhadap anak. Untuk memahami penerapan konsep komunikasi terapeutik pada anak.   BAB II PEMBAHASAN Konsep Komunikasi Terapuetik Keperawatan. Pengertian Komunikasi Terapuetik Keperawatan Menurut beberapa pakar, komunikasi berasal dari kata“communication”, yang berasal dari bahasa Latin, yaitu “communication”. Kata tersebut berbentuk dari dua kata akar, yaitu “com” dalam bahasa latin “union”. “com” atau “cum” memiliki arti “dengan” atau “bersama dengan”, sementara “unio” atau “union” memiliki arti “bersatu dengan”. Maka, “komunikasi” dapat diartikan sebagai pengiriman pesan dari seseorang kepada seseorang yang lain.(MH, Pribadi Zen. 2013. Panduan Komunikasi Efektif untuk Bekal Keperawatan Profesional. Yogyakarta: D-Medika : 15) Apabila dalam berkomunikasi dengan klien, perawat mendapatkan gambaran dengan jelas tentang klien yang sedang dirawat, mengenai tanda dan gejala yangditampilkan serta keluhan yang dirasakan. Gambaran tersebut dapat diajadikan acuan dalam menentukan masalah keperawatan dan tindakan keperawatan yang akan dilakukan, dengan harapan yang akan dilakukan sesuai keluhan dan masalah keperawatan yang sedang dialami klien atau bisa dikatakan bahwa tindakan keperawatan tepat sasaran

MAKALAH PANCASILA “ HUKUM DASAR TIDAK TERTULIS, KONSTITUSI, DAN STRUKTUR PEMERINTAH INDONESIA BERDASAR UUD 1945”

KATAPENGANTAR   Alhamdulillah, senantiasakitaucapkanpujisyukurkehadirat Allah SWT yang hinggasaatinimasihmemberikankitanikmatimandankesehatan, sehinggasayadiberikesempatan yang luarbiasainiyaitukesempatanuntukmenyelesaikantugaspenulisanmakalahtentang“ HukumDasarTidakTertulis, Konstitusi, Dan StrukturPemerintah Indonesia BerdasarUud 1945” Shalawatsertasalamtidaklupaselalukitahaturkanuntukjunjungannabi gung kita, yaituNabi Muhammad SAW yang telahmenyampaikanpetunjukan Allah SWT untukkitasemua, yang merupakansebuahpentunjuk yang paling benaryakniSyariah agama Islam yang sempurnadanmerupakansatu-satunyakarunia paling besarbagiseluruhalamsemesta. AdapunpenulisanmakalahinimerupakanbentukdaripemenuhanbeberapatugasmatakuliahPendidikanKewarganegaraan.  Padamakalahiniakandibahasmengenaipengertianhak, pengertiankewajiban, pengertianwarganegara, asaskewarganegaraansertatidaklupa pula akandibahasmengenaihaksertakewajibansiswa Indonesia menurut UUD 1945. Kami ucapkanterimakasih yang sebanyak-banyaknyakepadasetiappihak yang telahmendukungsertamembantu kami selama proses penyelesaianmakalahinihinggarampungnyamakalahini. Penulisjugaberharapsemogamakalahinidapatmemberikanmanfaatbagisetiappembaca. Taklupadenganseluruhkerendahanhati, kami memintakesediaanpembacauntukmemberikankritikserta saran yang membangunmengenaipenulisanmakalah kami ini, untukkemudian kami akanmerevisikembalipembuatanmakalahini di waktuberikutnya.   Bojonegoro, 12 Februari 2019   Penyusun       DAFTAR ISI   Halaman Judul ................................................................................................. i Kata Pengantar ................................................................................................ ii Daftar Isi ......................................................................................................... iii BAB I PENDAHULUAN .............................................................................. 1 Latar Belakang Masalah ............................................................................ 1 Rumusan Masalah ...................................................................................... 2 Tujuan Penulisan ........................................................................................ 2 BAB II PEMBAHASAN ............................................................................... 3 Hukum Dasar Tidak Tertulis  ( Convensi )................................................. 3 Konsitusi .................................................................................................... 3 Sturuktur  Pemerintah Menurut UUD 1945............................................... 4 BAB III PENUTUP ........................................................................................ 8 3.1 Kesimpulan ................................................................................................ 8 3.2 Saran .......................................................................................................... 8 DAFTAR PUSTAKA ..................................................................................... 9                                 BAB I     LatarBelakangMasalah Dalam proses hukumsekarangini, kejadianilmiahtentang UUD 1945. Banyak orang yang melontarkan ide untukmelakukanamandementerhadap UUD 1945.Amandementersebutmerupakanproseurpenyempurnaanterhadap UUD1945.Tanpaharuslangsungmengubah UUD itusendiriataubiasadibilangmerupakanpelengkapdanrincian yang dijadikanlampiranotentikbagi UUD tersebut. Ide tentangamandementerhadap UUD1945 didasarkanpadasuatukenyatansejarahterhadapordebarudanorde lama bahwapenerapanterhadappasal UUD memilikisifat interpretable atauwayuhartisehiggamengakibatkanadanyasentralisasikekuasaanterutamakepadapresidendikarenakanlatarbelakangpolitikinilahmakapadaordebaru UUD 1945 dilestarikan dab dianggapbersifatkeramat yang takdapatdiganggugugat. UUD sendiriiturumusannyatertulisdantidakberubah.Adapunpendapat L.C.S wade dalambukunyacontution law, UUD menurutsifatdanfungsinyaadalahsuatunaskah yang memaparkankeragkadantugas-tugaspokokdaribadan-badanpemerintahansuatu Negara danmenentukanpokok-pokokcarakerjabadan-badantersebut, jadi UUD itumengaturmekanismedandasardarisetiap system pemerintahan. UUD menentukancara-carabagaimanapusat-pusatkekuasaaninibekerjasamadanmenyesuaikandirisatusama lain. UUD merekamhubungan-hubungankekuasaandalamsuatu Negara.Dalampenjelasan UUD 1945 disebutkanbahwa UUD bersifatsingkatdansupel, UUD hanyamemiliki 37 pasal, adapunpasal-pasalituhanyamemuataturanperalihandanaturantambahan.         RumusanMasalah Apa yang dimaksuddenganConvensi? Apa yang dimaksuddenganKonstitusi? Bagaimanastrukturpemerintah Indonesia berdasarkan UUD 1945?         TujuanPenulisan Dapatmenjelaskanapa yang dimaksuddenganConvensi Dapatmenjelaskantentangkonstitusi Dapatmengetahuibagaimanastrukturpemerintah Indonesia berdasarkanpancasila                                             BAB II PEMBAHASAN   Hukum Dasar Tidak Tertulis( Convensi ) Convensiadalah hukumdasar yang taktertulisyaituaturan-aturandasar yang timbuldanterpeliharadalampraktekpenyelenggaraan Negara meskipunsifatnyatidaktertulis.Antaralainsifat-sifatnya: Merupakankebiasaan yang berulangkalidanterpeliharadalampraktikpenyelenggaraan Negara. Tidakbertentangandengan UUD 1945 danberjalansejajar. Dapatditerimaolehsemuarakyat/masyarakat. Bersifatsebagaipelengkapsehinggamemungkinkanbahwaconvensibiasamenjadiaturan-aturandasar yang tidaktercantumdalam UUD 1945. Contoh hukumdasartidaktertulis: Upacarabenderasetiaptanggal 17 agustus Pidatopresidentanggal 16 agustus Pemilihanmenteriolehpresiden Fotopresidendanwakilpresiden di kantorpemerintahan Program 100 harikerja Menteri non departemen Pengambilankeputusanoleh MPR Konvensijenewa 1949 Konvensiwina 1969    (Elly M,setiadi. 2005. Pendidikan pancasila. PPT gradamedia pustaka utama jakarta)   Konstitusi Konstitusiumumnyabersifatkodifikasiyaitusebuahdokumen yang berisiaturan-aturanuntukmenjalankansuatuorganisasipemerintah Negara, namundalampengertianinikonstitusiharusdiartikandalamartiantidaksemuannyaberupadokumentertulis(formal). Namunmenurutparaahliilmu hukummaupunilmupolitik . Tujuankonstitusiantara lain: Membatasikekuasanpengusana agar tidakbertindaksewenang-wenangmaksudnyatanpamembatasikekuasaanpenguasa, konstitusitidakakanberjalandenganbaikdanbiasasajajikakekuasaanpenguasaakanmerajaleladan bias merugikanbanyakrakatbanyak. Melindungi HAM maksudnyasetiappenguasaberhakmenghormati HAM orang laindanhakmemperolehperlindungan hukumdalamhalmelaksanakanhaknya. Pedomankonstitusi Negara maksudnyatanpaadanyapedomankonstitusi Negara kitatidakakanberdiridengankokoh Keedudukankonstitusiyaitu: Dengan adanya UUD baikpenguasadapatmengetahuiaturan/ketentuanpokokmendasarmengenaiketatanegaraan. Sebagaihukumdasar. Sebagaihukum yang tertinggi.   Uud 1945 di Indonesia Constitucionespanola de 1978 di spanyol Contohkonstitusitidaktertulis: Pidatopresiden yang dilakukansetiaptanggal 16&17 agustus Konvensiatautradisi-tradisidalamketatanegaranlainnya.( Elly M,setiadi. 2005. Pendidikan pancasila. PPT gradamedia pustaka utama jakarta)   Sturuktur  Pemerintah Menurut UUD 1945 Majelis Permusyawaratan Rakyat ( MPR ) Majelis Permusyawaratan Rakyat adalah salah satu lembaga Negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia. Tugas dan wewenang MPR antara lain : mengubah dan menawarkan (Undang-undang Dasar Republik Indonesia) Melantik presiden dan wakil presiden hasil pemilihan umum Memilih Presiden dan Wakil Presiden apabila keduanya berhenti secara bersamaan dalam masa jabatannya. Anggota MPR memiliki hak memajukan usul perubahan pasal pasal UUD, menentukan sikap dan pilihan

MAKALAH PANCASILA

KATA PENGANTAR Segala puji dan syukur saya panjatkan kepada allah  SWT, atas rahmat dan hidayahnya penulis dapat menyelesaikan makalah PANCASILA dalam penyusunan makalah ini, penulis menyadari bahwa dalam penulisan ini masih banyak hambatan dan kesulitan, tetapi berkat bantuan dan bimbingan dari beberapa pihhak maka makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya dan semoga dapat bermanfaat dalam menambah pengetauhan terutapa pada bidang keperawatan medis. Penulis menyadari dalam pembuataan makalah ini jauh dari kata sempurna, yang artinya masih banyak kekurangan.Maka dari itu penulis meminta saran kritik dari pembaca, guna memperbaiki dalam pembuatan makala selanjutnya. Demikian apa yang dapat saya sampaikan, penulis berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca pada umumnya serta profesi perawat pada khususnnya dalam seggi teritis dapat membuka wawasan keilmuan  khususnya wawasan kewarganegaraan.   Bojonegoro, 11 Februari  2019                                   DAFTAR ISI KATA PENGANTAR                                                                                                         1 DAFTAR ISI                                                                                                                        2 BAB I      PENDAHULUAN                                                                                              3 Latar belakang                                                                                               3 Rumusan masalah                                                                                          4 Tujuan                                                                                                           4 BAB IIPEMBAHASAN                                                                                            5 Batang tubuh 1945                                                                                        5 prinsip-prinsip yang terkandung didalaam btang tubuh                                5 Hubungan antara lembaga-lembaga negara berdasarkan UUD 1945.....      6 Hak-hak asasi manusia UUD1945                                                                8 BAB IIIPENUTUP                                                                                                     10 Kesimpulan                                                                                                     10 Saran..........................................................................................................    10 DFTAR PUSTAKA                                                                                                      11                               Bab 1 PENDAHULUAN   Latar belakang Ketika sebuah negara bediri sudah pasti negara tersebut memiliki atau merumuskan aturan-aturan hukum. Yang mana dengan aturan-aturan ini dapat mengikat berbagai elemen baik itu pemerintah, lembaga-lembaga kewarganegaraandan masyarakat yang kita sebut dengan undang-undang. Begitu juga indonesia yang telah memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 agustus 1945, telah memiliki undangyang tercantum didalamnya pancasila yang menjadi norma dasar hukum nasional dengan begitu undang-undang sebagai dasar negara. UUD 1945 memiliki prinsip-prinsip yang bersifat kekal dan luhur akn menjamin suatu sistem benteuk negara serta cara penyelenggaraannya beserta hak-hak dan kewajibabn rakyarnya. Indonesia sebagai dasaar negara yang berbentukRepublik memberiikan UUD 1945 tempat yang tinggi didalam peraturan perundang-undangan lainya karenaa unndang-undang dasar 1945memeiliki sifat yang luhur. Supaya lebih jelas didalam makalah ini kami akan menjelaskan tentang batang tubuhUndang-undang 1545, hubungan antara lembaga-lembaga negara berdassarkaan UUD 1945 dan hak-hak asasi manusia UUD 1945.                           Rumusan Masalah Apa saja pasal-pasal yang memuat batang tubuh UUD 1945? Apa prinsip-prinsip yang terkandung batang tubuh UUD 1945? bagaimana Hubungan antara lembaga-lembaga negara berdasarkan UUD 1945 bagaimana penjelasan tentang hak asasi manusia UUD 1945 Tujuan Untuk mengetahui pasal-pasal yang memuat batang tubuh UUD 1945? Supaya mengetauhi prinsip-prinsip yang terkandung batang tubuh UUD 1945? Untuk menjelaskan hubungan antara lembaga-lembaga negara berdasarkan UUD 1945  Menjelaskan tentang hak asasi manusia UUD 1945                                     Bab 2 PEMBAHASAN   Batang tubuh UUD1945 Batang tubuh undang-undang 1945 yaang teriri dari 37 pasal ditmbaah 4 aturaan peralihan dan 2 ayat aturan tambahaan, di samping mengandung seemangat dan merupakan

Download

MAKALAH PANCASILA “ HUKUM DASAR TIDAK TERTULIS, KONSTITUSI, DAN STRUKTUR PEMERINTAH INDONESIA BERD

DosenPembimbing: Ahmad Mafthukin,SS.MM.Kes NAMA KELOMPOK 7: • ERIC KURNIAWAN (18001017) • ERIKA WIDYA MUSVIKA SARI (18001019) DWI WIDYA NURCAHYANI (18001060)

MAKALAH PANCASILA

DISUSUN OLEH ANGGOTA: 1. DYRA LAURENZA MAHARDIKA SARI (18001063) 2. INDAH RETNO NINGRUM (18001026) 3. DINA (18001015)

MAKALAH PENDIDIKAN PANCASILA

KELOMPOK 5 : 1. ELOK MAYA NINGRUM (1A) 2. MAULIDA RAHMA FITRIA (1A) 3. KHARISMA DWI NUR SAFITRI (1B)