PEPAYA JEPANG

 

Gambar Tanaman

 

 

Nama Latin

:

Cnidoscolus aconitifolius

Nama Daerah

:

Pepaya Jepang, Chaya, kates jepang

Famili

:

Euphorbiaceae

Kandungan Kimia

:

Bahan yang terkandung pada tanaman chaya yakni, protein, vitamin (A, B, dan C), iron, potassium, dan karoten (Ebeye, et al., 2015).

Daun ini mengandung senyawa antioksidan berupa flavonoid, tanin, saponin, alkaloid yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah (Orji et al., 2017)

Khasiat dan Kegunaan

:

Daun pepaya Jepang merupakan tanaman diketahui mengandung banyak khasiat untuk mengobati penyakit jantung, gangguan ginjal, diabetes mellitus, dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah manusia dan hewan mamalia seperti mencit (Achi et al., 2017)

Flavonoid diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah melalui penghambatan biosintesis kolesterol melalui pencegahan pembentukan asam mevalonat hingga kolesterol tidak dapat disintesis oleh tubuh (Zeka et al., 2017).

Penelitian terkait dengan pemberian ekstrak daun pepaya Jepang dapat memperbaiki tingkat kerusakan struktur histologi aorta mencit akibat pemberian diet aterogenik belum banyak dilakukan. Oleh karenanya, perlu dilakukan penelitian mengenai efektivitas pemberian dosis ekstrak daun pepaya Jepang terhadap penurunan kadar kolesterol dan perbaikan tingkat kerusakan struktur histologi aorta mencit (Mus musculus) dengan diet aterogenik. Efek pemberian ekstrak daun pepaya Jepang dengan berbagai variasi dosis paling baik dalam menurunkan kadar kolesterol dan memperbaiki tingkat kerusakan struktur histologi aorta mencit yang paling banyak setelah pemberian diet aterogenik merupakan novelty dari penelitian ini.

Resep Tradisional

:

 

Daftar Pustaka

:

 

Lebih baru Lebih lama