Praktikum Prodi S1 Farmasi STIKES RAJEKWESI

 PRODI S1 FARMASI

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN RAJEKWESI BOJONEGORO

Oleh      : apt. Belinda Arbitya Dewi, M.Farm

Persaingan di pasar kerja semakin ketat di era digital, meskipun begitu popularitas jurusan Farmasi tetap membuat lulusannya ditunggu berbagai perusahaan. Hal tersebut didukung oleh materi ajaran serta skill yang dimiliki lulusan prodi Farmasi yang dinilai cocok untuk kebutuhan beragam institusi di era modern. Jurusan Farmasi merupakan sebuah program dengan fokus studi di bawah payung ilmu medis. Perlu diingat juga bahwa mahasiswa jurusan Farmasi mengemban tugas mulia, yakni untuk mengembangkan dan menemukan obat-obatan yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit manusia.



Materi utama jurusan ini adalah ilmu pengobatan, di mana mahasiswa di dorong untuk melihat proses pembuatan obat dengan segala hal lain yang perlu diketahui oleh apoteker seperti interaksi senyawa kimia pada obat. Jurusan Farmasi dapat menjadi alternatif yang sangat baik bagi mahasiswa yang tertarik dengan kedokteran, tetapi tidak tertarik menjadi dokter. Selain pengetahuan mengenai obat-obatan, mahasiswa juga akan dibekali ilmu yang berhubungan dengan kemampuan numerikal dan keahlian riset yang andal.

Metode pembelajaran Program Studi S1 Farmasi di STIKES Rajekwesi Bojongoro tidak hanya melalui materi di kelas, tetapi juga melibatkan mahasiswa dalam berbagai praktikum di laboratorium dan di lapangan. Teori yang dipraktekkan bertujuan untuk membuat mahasiswa lebih sigap saat kelak menjadi profesional di lapangan medis.




Mahasiswa Program Studi S1 Farmasi melakukan proses praktikum di Laboratorium Farmasi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajekwesi Bojongoro yang terletak di Jl. KHR. Moch Rosyd KM05 Ngumpakdalem Dander Bojonegoro. Laboratorium merupakan jiwanya farmasi. Dan praktikum merupakan aktualisasi bahwa laboratorium sangatlah penting bagi farmasi. Karena di laboratorium akan muncul ide-ide tentang pengembangan obat maupun penemuan terkait obat baru dapat muncul. Laboratorium merupakan salah satu fasilitas yang sangat penting dalam dunia farmasi. Bukan farmasi apabila tidak bersahabat dengan laboratorium.



Praktikum merupakan rencana pembelajaran yang berorientasi terhadap aspek sikap, keterampilan dan aplikasi pengetahuan. Dengan proses tersebut, maka dapat menghasilkan lulusan siap dan mampu bekerja. Proses praktikum ini tidak lepas dari proses pembelajaran mata kuliah di ruang kelas. Dari praktikum dapat mengetahui sejauh mana skill dari mahasiswa farmasi. Begitupun praktikum harus ada penunjangnya seperti laboratorium, dosen, laboran dan juga asisten praktikum menjadi bagian-bagian penting dalam terlaksananya praktikum.



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama